PKHB - Pusat Konsultas dan Bantuan Hukum Universitas Islam Indonesia

You are here:
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Terselenggaranya Karya Latihan Hukum (KARTIKUM) FH UII Gelombang I dan II Cetak E-mail
Tuesday, 07 January 2014

LKBH FH UII_Menggelar acara Pelatihan Karya Latihan Hukum (KARTIKUM) Angkatan XXVIII pada tanggal 29 November 2013 sampai dengan 01 Desember 2013 (Gelombang I) dan pada tanggal 25 desember 2013 sampai dengan  27 Desember 2013 (Gelombang II). Karya Latihan Hukum atau yang sering dikenal dengan istilah KARTIKUM merupakan salah satu program kerja di Bidang Penanganan Perkara yang tujuan nya adalah regenerasi Pembela Umum di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas hukum Universitas islam indonesia (LKBH FH UII). Selain itu KARTIKUM bertujuan untuk memberikan pengetahuan mahasiswa FH UII untuk menjadi praktisi hukum khususnya advokat dan memberikan kesempatan mahasiswa FH UII untuk mengaplikasikan ilmu teori yang di dapat dibangku kuliah ke dalam praktek lapangan.

Kartikum LKBH FH UII di akhir Tahun 2013 ini diikuti oleh 40 Peserta setiap gelombangnya. Pada KARTIKUM  angkatan XXVIII ini diselenggarakan menjadi 2 gelombang dikarenakan banyaknya minat mahasiswa melakukan pendaftaran untuk mengikuti Pelatihan KARTIKUM XXVIII. Peserta yang berhak untuk mengikuti KARTIKUM ke XXVIII adalah mahasiswa yang sedang atau telah menempuh mata kuliah Keadvokatan. Acara KARTIKUM Gelombang I dan II dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum UII dan Direktur LKBH FH UII yaitu Bapak Dr.Rusli Muhammad,SH.,MH dan Bapak Dr.Abdul Jamil,SH.,MH. Selama 3 hari pelatihan peserta dibekali oleh materi-materi yang disampaikan oleh akademisi dan advokat yang handal di bidangnya tidak hanya dari dalam kampus FH UII tetapi juga dari luar kampus. Tak kurang 10 pemateri berbagi ilmu dan pengalaman kepada para peserta KARTIKUM XXVIII. meliputi Kode Etik Profesi Advokat oleh Dr.Achiel Suyanto, SH., MBA, Penyelesaian Sengketa Tanah oleh Masyhud Asyhari, SH., M.Kn,., Pendalaman PTUN oleh Zairin Harahap.SH.,MSi, Pendalaman Peradilan Agama oleh Dr.Abdul Jamil, SH., MH, Teknik Konsultasi dan Investigasi oleh Nur Ismanto, SH., M.Si, Penyegaran  Hukum Acara Perdata oleh Nurjihad, SH., MH., Pendalaman Hukum Acara Perdata I oleh M. Iqbal, SH., Pendalaman Hukum Acara Perdata II oleh Teguh Sri Rahardjo, SH., SH., Pendalaman Hukum Acara Pidana I oleh Dr. M. Arief Setiawan, SH, M.H, Pendalaman Hukum Acara Pidana II oleh Triyandi Mulkan, SH, MM.

Selain pembekalan materi, para peserta KARTIKUM XXVIII mendapatkan ilmu dibidang prakteknya juga.Peserta juga dilatih untuk menyelesaian perkara melalui soal-soal dalam Dinamic Group yang didampingi oleh Pemandu dan Fasilitator, sehingga peserta berlatih mengaplikasikan ilmu yang di dapat baik dalam bangku kuliah maupun pendalaman selama Kartikum ke dalam kasus yang dikemas dalam Dinamic Group. Diharapkan dengan adanya Peatihan KARTIKUM ini peserta dapat mengambil manfaat diluar dari yang diajarkan dibangku perkuliahan dan dapat mengaplikasikannya di masyarakat.

Pemutakhiran Terakhir ( Wednesday, 08 January 2014 )
 
< Sebelumnya   Berikutnya >