PKHB - Pusat Konsultas dan Bantuan Hukum Universitas Islam Indonesia

You are here:
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Cetak E-mail
Wednesday, 25 February 2015

PERKARA PERMOHONAN PRA PERADILAN TERKAIT DENGAN TIDAK SAH NYA PENANGKAPAN, PENAHANAN, PENGGELEDAHAN DAN PENYITAAN KEPADA KEPALA KEPOLISIAN RESORT BANTUL

 

 

 LKBH FH UII, Pada Hari Jum’at tanggal 6 Februari 2015 sekitar pukul 13.00, datang beberapa orang yang berkonsultasi ke Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) FH UII. Beberapa orang tersebut datang konsultasi dengan permasalahan yang cukup serius dan perlu penanganan perkara segera. Permasalahan tersebut di konsultasikan oleh korban dan orang tua korban sendiri. AND, H, D yang ketiga nya menjadi korban dan AS ( ibu AND salah satu dari korban) . Permasalahan yang dikonsultasikan tersebut berkaitan dengan aparat kepolisian di Wilayah Bantul yang telah melakukan penganiayaan bahkan sampai adanya pembunuhan terhadap salah satu korban. Selain itu, aparat kepolisian juga telah melakukan salah tangkap serta proses dari penangkapan, penahanan serta penggeledahannya pun tidak sesuai dengan prosedur dalam hukum acara pidana.

Klien tersebut meminta bantuan hukum kepada LKBH FH UII untuk mendampingi AND, H, D dan AS sebagai saksi di Kepolisian Resort Bantul dan Kepolisian Daerah DIY, sedangkan  AR sebagai tersangka di Kepolisian Resort Bantul. Kemudian AS (orangtua AR dan AND) sebagai pelapor di Kepolisian Daerah DIY. Pendampingan yang dilakukan oleh LKBH FH UII dalam penanganan perkara yang dikonsultasikan tersebut terkait dengan dugaan salah tangkap oleh Polres Bantul terhadap kasus tindak pidana penjambretan dan penadahan yang marak terjadi di wilayah Bantul. Atas permasalahan tersebut, kemudian klien memohon kepada LKBH FH UII untuk mengajukan   permohonan praperadilan terkait dengan tidak sah nya penangkapan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan oleh Kepala Kepolisian Resort Bantul.

Bahwa berdasarkan permohonan dari klien kami, maka kami dari tim kuasa hukum  LKBH FH UII mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Bantul yang sudah kami daftarkan pada hari Selasa tanggal 24 Februari 2015 dengan Nomor Register Perkara 01/Pid.Prad/2015/PN.Btl. 

 

 

Pemutakhiran Terakhir ( Wednesday, 10 June 2015 )
 
< Sebelumnya   Berikutnya >