PKHB - Pusat Konsultas dan Bantuan Hukum Universitas Islam Indonesia

You are here: Beranda
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
PENYELENGGARAAN PELATIHAN HUKUM PENANGANAN PERKARA PEMKAB. KUTAI KERTANEGARA OLEH LKBH FH UII
Thursday, 18 December 2014

LKBH FH UII  (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia) menyelenggarakan pelatihan hukum dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara. Penyelenggaraan Pelatihan ini berjudul“Teknik dan Strategi Penanganan Perkara diLingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara “.Dasar penyelenggaraan pelatihan, mengingat bahwa semakin kompleksnya penyelenggaraan pemerintah daerah dan semakin tingginya tuntutan masyarakat atas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah yang telah menimbulkan berbagai persoalan hukum. Oleh karena itu Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia merasa perlu untuk menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pedoman Penanganan Perkara di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah (Permendagri 12/ 2014). Dasar pemikiran tersebut adalah bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dan keseragaman dalam penanganan perkara termasuk di lingkungan pemerintah daerah.

Pemutakhiran Terakhir ( Thursday, 18 December 2014 )
Selengkapnya...
 
Maraknya Penjualan Obat Penenang Secara Bebas
Friday, 03 October 2014

Maraknya Penjualan Obat Penenang Secara Bebas

Berbagai permasalahan hidup yang banyak dialami saat ini, disikapi berbeda oleh masing-masing orang. Ada sebagian orang yang mampu mengatasi masalah tersebut dengan pikiran tenang, namun ada juga sebagian orang yang tidak mampu mengatasinya. Orang yang tidak mampu mengatasi masalahnya cenderung menggunakan media lain sebagai pelampiasan. Salah satunya adalah dengan meminum obat antidepresan untuk mengurangi stres berkepanjangan.

 

Oleh:

Yusti Yesi Kartika

Dewi Larasati

Pradita Wulandari

 

Banyak orang yang terbiasa membeli obat-obatan secara bebas di warung atau apotek tanpa resep dari dokter. Obat-obatan memang umum digunakan, tetapi apabila salah dosis atau digunakan secara terus-menerus akan mengakibatkan masalah kesehatan semakin memburuk. Obat-obatan yang dijual di apotek atau warung memang paling mudah dijangkau ketika sakit kepala, gigi atau sakit ringan lainnya melanda. Seperti yang saat ini sedang ramai dibicarakan adalah penjualan secara bebas berbagai macam obat antidepresan atau obat penenang.

Selengkapnya...
 
Transgender Dalam Pandangan Hak Asasi Manusia
Friday, 03 October 2014

Transgender Dalam Pandangan Hak Asasi Manusia

 

Veni Dwi Puspitadewi

Rizky Aedeta putra

Manusia diciptakan dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Pada realita yang berkembang dalam masyarakat modern saat ini, banyak ditemui di kalangan masyarakat problematika pergantian kelamin, sudah bukan rahasia umum banyak masyarakat merubah kelaminnya dengan berbagai alas an Contohnya seorang laki-laki namun dalam jiwanya adalah seorang wanita begitupula sebaliknya maupun laki-laki yang berpenampilan layaknya wanita begitupula sebaliknya. Dan ada pula orang yang berkelamin ganda yaitu wanita dan pria yang tidak jelas apakah status kelaminnya yang sebenarnya. Fenomena ini dikenal dengan istilah Transgender. Transgender adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang melakukan, merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang sejak lahir mereka dapatkan. Dalam lingkungan masyarakat kelompok transgender sering dikucilkan dan menjadi bahan olokan bahkan bahan pembicaraan sehingga transgender belum dapat di terima oleh lingkunag masyarakat. Contoh kasus transgender yang sedang hangat saat ini adalah Perkara Transgender di Pengadilan Negeri Makassar. dimana seseorang mengajukan permohonan mengubah jenis kelamin ke Pengadilan Negeri setempat dan dikabulkan dengan mempertimbangakan berbagai aspek. Namun dengan contoh kasus yang demikian bukan berarti pemenuhan hak-hak terhadap transgender menjadi lebih mudah, masih ada hal-hal yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan di Indonesia bahkan di Dunia Internasional khususnya terkait HAM (hak asasi manusia). 

Selengkapnya...
 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 Berikutnya > Akhir >>

Hasil 9 - 12 dari 23

Polls

Keberadaan PKBH FH UII dalam membantu menangani kasus hukum yang berada ti tengah-tengah masyarakat.
 

Who's Online


Login Form






Kata Sandi hilang?
Belum terdaftar? Daftar